Pengertian Pendidikan Non Formal

Posted by romadona on Friday, December 14, 2012

Pendidikan nonformal adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang. Hasil pendidikan nonformal dapat dihargai setara dengan hasil program pendidikan formal setelah melalui proses penilaian penyetaraan oleh lembaga yang ditunjuk oleh Pemerintah atau Pemerintah Daerah dengan mengacu pada standar nasional pendidikan. 

Sedangkan menurut Axin, pendidikan nonformal adalah kegiatan belajar yang disengaja oleh warga dan pembelajar di dalam suatu latar yang diorganisasi (berstruktur) yang terjadi di luar sistem persekolahan.
 

Ciri-ciri pendidikan nonformal :

Menurut Faisal, pendidikan nonformal mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:48
a. Berjangka pendek pendidikannya
b. Program pendidikannya merupakan paket yang sangat khusus
c. Persyaratan pendaftarannya lebih fleksibel
d. Sekuensi materi lebih luwes
e. Tidak berjenjang kronologis
f. Perolehan dan keberartian ijazah tidak seberapa terstandarisasi. Contoh:
kursus, penataran, dan latihan.


Sementara itu, menurut Kleis et al. (1986) ciri-ciri pendidikan nonformal adalah biasanya berkaitan dengan misi yang mendesak dan praktis, tempat pendidikan biasanya di luar kelas atau di situasi belajar yang sebenarnya, bukti memiliki ilmu pengetahuan dinilai dari keterampilannya (bukan dari sertifikatnya), biasanya tidak terlalu terikat dengan ketentuan yang ketat, isi, staf
atau strukturnya tidak terorganisasi, peserta biasanya bersifat sukarela, biasanya merupakan aktivitas sampingan, pelajaran jarang bertingkat dan berurutan, biaya pendidikan biasanya lebih murah dari pendidikan formal, persyaratan penerimaan pesertanya lebih ringan, penilaian keberhasilan peserta berdasarkan kemampuan mendemonstrasikan keterampilan, dan tidak terbatas untuk peserta dan kurikulum tertentu, tetapi dapat diperbarui dan dikembangkan.

 
Berdasarkan beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa ciri-ciri
pendidikan nonformal sekurang-kurangnya adalah merupakan pendidikan luar
system persekolahan, jarang berjenjang, tidak ketat ketentuan-ketentuannya


Sumber: http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2244659-pengertian-pendidikan-nonformal/#ixzz2F1ABJ1G2